Sejarah coklat
cadbury
John Cadbury
adalah pendiri sebuah perusahaan cokelat di Birmingham, Inggris. Ia memulai
usahanya dengan menjual teh di Leeds. Tahun 1824 ia kembali ke Birmingham,
membuka toko yang menjual kopi, teh, minuman cokelat dan kokoa.
Cadbury World Birmingham dibuka pertama kali pada
tahun 1990. Merupakan salah satu tempat atraksi dalam gedung di Inggris.
Terletak di jantungg wilayah West Midlands, 4 mil arah selatan Birmingham, di
Linden Road, Bournville. Sebuah kota yang penting dalam sejarah Revolusi
Industri di Inggris.
Sejarah coklat
silverqueen
Silverqueen adalah salah satu merek cokelat
terkenal di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1950, Perusahaan ini beroperasi
dibawah naungan PT Petra Food yang juga mengelola Ceres dan Delfi. Perusahaan
ini bermarkas di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
PERBEDAAN Segmenting,Targeting,Positioning
COKLAT SILVERQUEEN DAN CADBURY
1.
Coklat silverqueen
Segmenting
Produk Silver Queen
memilih segmen pasar menengah.Meskipun dengan harga yang terjangkau
dibandingkan produk coklat batangan import, namun kualitas tetap memberikan
yang terbaik. Selain itu pendistribusian/ penyaluran yang dapat dikatakan
menjangkau seluruh daerah, sehingga produk inidapat diperoleh dengan mudah oleh
konsumen.
Targeting
Target pasar
dari silver queen adalah remaja, karena kalangan remaja suka mengkonsumsi
coklat. Hal tersebut dapat dilihat dari konsistensi pengiklanan yang selalu menggunakan model remaja. Dan dari slogan, Silver Queen
menargetkan sebagai produk coklat yang bertema “santai” atau sebagai makanan ketika
sedang bersantai.
Positioning
Produk Silver Queen merupakan pesaing (challenger )bagi produsen produk coklat yang lain yang ada di pasar. Meskipun dengan hargaterjangkau,
produk ini mampu bertahan dan bersaing di pasar dalam negerikhususnya karena
keunggulan kualitas produk dan konsistensi cita rasa yang yangtelah diterima
baik oleh pecinta coklat di Indonesia
2.
Coklat cadbury
Segmentasi
segmentasi
coklat Cadbury diary milk berorientasi kepada semua kalangan baik pria maupun
wanita dari tua smpai muda.
Targeting
berorientasi
kepada anak-anak, remaja, dan dewasa baik pria maupun wanita.
Positioning
coklat Cadbury
diary milk sudah sangat baik di mata masyarakat. Banyak orang suka coklat
Cadbury diary milk dan banyak orang mengenal coklat Cadbury diary milk ini.
Pernah saat ketika saya dating ke Negara lain, saya menemukan coklat Cadbury
diary milk disana. Hal ini terlihat jelas bahwa pemasaran coklat Cadbury diary
milk sudah hampir meliputi seluruh dunia. Jadi semakin jelas bagaimana poduk
coklat Cadbury diary milk ini. Tidak hanya orang Indonesia yang suka coklat
Cadbury ini tapi juga orang di luar Negara inidonesia pun menyukai coklat
Cadbury diary milk.
Penetration market coklat silverqueen dan Cadbury
Silverqueen dan cadburry
melakukan aktivitas pemasaran dan promosi yang intensif dan besar besaran untuk
produknya
Coklat silverqueen membuat
iklan yang unik seperti “santai belom lengkap tanpa coklat silverqueen“.
Market development strategy coklat silverqueen dan Cadbury
Silverqueen dan Cadbury telah
memasarkan produknya diseluruh wilayah Indonesia dan telah menembus pasar
global.
Product development strategy coklat silverqueen dan Cadbury
Produk coklat silverqueen telah
memiliki varian rasa yang terus melakukan inovasi
Produk coklat Cadbury memiliki
varian rasa yang beragam tetapi tetap mempertahan cita rasa coklat yang lembut.
1.Perbandingan Produk
kriteria
|
Silverqueen
|
Cadbury
|
Varian produk
|
Memiliki 9 variasi produk (SilverQueen Classic,Chunky
Bar,Crispy ,Bites,Caramel ,Cashew Crunch,Rocker, Montes, O‟Nuts)
|
Memiliki 6 variasi produk (Cadbury Dairy
Milk, Zip, Zuppernut, Candy, Choclair,Assortment )
|
Kadungan susu
|
Menggunakan susu tapi tidak
bayak
|
Memiliki kandungan susu yang
banyak sehingga coklat lebih lembut
|
Packaging bervariasi
|
Peckaging berbentuk kardus dan
kemasan plastik
|
Packaging berbentuk kardus
kaleng,dan kemasan plastik
|
2. Perbandingan Harga
Produk
|
Ukuran
|
Harga (Rp)
|
SilverQueen Classic
|
5 x 68 gram
|
49.490
|
33 gram
|
6.000
|
|
68 gram
|
10.000
|
|
SilverQueen Chunky Bar
|
15gram
|
2.690
|
39 gram
|
5.600
|
|
100 gram
|
15.000
|
|
SilverQueen Crispy
|
60 gram
|
10.000
|
SilverQueen Bites
|
45 gram
|
5.800
|
150 gram
|
35.190
|
|
SilverQueen Caramel
|
30 gram
|
3.790
|
54 gram
|
9.800
|
|
SilverQueen Cashew Crunch
|
35 gram
|
5,500
|
SilverQueen Rocker
|
-
|
3.800
|
SilverQueen Montes
|
55 gram
|
11.000
|
SilverQueen O‟Nuts
|
88 gram
|
32.390
|
Produk
|
Ukuran
|
Harga (Rp)
|
Cadbury Dairy Milk
|
40 gram
|
6990- 8.390
|
75 gram
|
13.500
|
|
100 gram
|
11.490-13.790
|
|
175 gram
|
24.990
|
|
Cadbury Zip
|
19 gram
|
2.490
|
Cadbury Zuppernut
|
19 gram
|
6.490
|
Cadbury Candy
|
49 gram
|
6.490
|
Cadbury Choclair
|
200 gram
|
26.690
|
190 gram
|
26.690
|
|
Cadbury Assortment
|
130 gram
|
29.990
|
3. Perbandingan
tempat
Produk silverqueen
Seluruh produk SilverQueen didistribusikan oleh PT.
Nirwana Lestari dengan skala nasional dan dapat ditemukan pada:
a)
Pasar Tradisional
Kios-kios kecil di
tempat umum, warung-warung pada daerah perumahan, pasar-pasar tradisional,
serta kedai-kedai rokok.
b)
Pasar Modern
Indomaret, Alfamart,
Circle K, 7-Eleven, dan sebagainya.
c)
Retailer
Giant, Carrefour,
Hypermart, Lottemart dan sebagainya.
Produk Cadbury
a)
Kios-kios kecil di tempat umum, warung-warung pada
daerah perumahan, pasar-pasar tradisional.
b) Pasar Modern
Indomaret,
Alfamart, Circle K, 7-Eleven, dan sebagainya.
c) Retailer
Giant, Carrefour,
Hypermart, Lottemart dan sebagainya.
4. Perbandingan
Cara Promotion
Produk silverqueen
Promosi yang dilakukan SilverQueen antara lain:
a) Advertising
TVC, In-store
Standing Banner, In-store Product Display, Brand Activation, dan lain-lain.
b) Event
Talkshow Interaktif
SilverQueen di Kidzania (2011)
c) Sales Promotion
·
SilverQueen Bike To Santai (2011)
·
SilverQueen Funtastic Lucky Draw (2011)
d) Sponsorship
Kidzania; Pabrik
Cokelat SilverQueen
sebuah pusat
rekreasi berkonsep edutainment yang unik bagi anak-anak usia 4-16 tahun
serta orang tua nya. Kidzania dibangun khusus menyerupai replika sebuah
kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan
raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling
kota. Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari
berbagai profesi (Kidzania.co.id). Di establishment ini
anak-anak akan mengikuti pelatihan sebagai pekerja pabrik cokelat, membuat
cokelat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang disponsori
oleh SilverQueen (Ceres).
Produk Cadbury
a) Advertising
TVC, In-store
Standing Banner, In-store Product Display, Brand Activation, dan
lain-lain.
b) Interactive
Marketing
Cadbury Especially
for You (2011)
Cadbury Hepi Mode
On (2011)
c) Online Marketing
Cadbury secara
aktif melangsungkan promosinya pada dunia online, yaitu melalui akun
Twitter dan Facebook. Cadbury menyelenggarakan kuis-kuis kecil harian bagi
follower akun Twitter-nya. Kuis-kuis tersebut berhadiah paket-paket
cokelat Cadbury.
5. Target
market
target market coklat
silverqueen dan Cadbury memiliki target market yang sama jika di lihat dari
beberapa aspek seperti dibawah ini:
Demografis
Demografis
· Pria dan
Wanita
· Usia 15-24
tahun
· SES A-B-C
Geografis
· Penduduk daerah urban-suburban; perkotaan
Psikografis
· Berjiwa muda
Target market yang disasar oleh SilverQueen dan Cadbury adalah orang-orang berjiwa muda yang energik dan fun. SilverQueen juga dapat dilihat mulai melebarkan target market-nya kepada kelompok usia lebih muda dengan menggandeng Kidzania dan mendirikan establishment.
Memiliki banyak aktivitas
Target market SilverQueen dan Cadbury adalah orang-orang yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya. Meskipun mobilisasi tinggi dan jadwal padat, mereka tidak lupa meluangkan waktu untuk ber-‟santai‟ dengan cara mereka masing-masing. "santai‟ bagi mereka tidak berarti pasif, melainkan aktif; melakukan aktivitas yang mereka gemari.
· Menikmati hidup
Target market SilverQueen dan Cadbury menyadari pentingnya menikmati hidup. Hal-hal inilah yang membedakan cara mereka untuk mendefinisikan santai‟. Meskipun disibukkan oleh banyak aktivitas, mereka tetap melakukan hal-hal yang mereka sukai untuk bersenang-senang dan bersantai.
s Sumber :
http://bieancaprisca1811.blogspot.com/2012/06/coklat-cadbury-diary-milk.html
https://www.coursehero.com/file/p3bvve64/Contoh-strategi-penetrasi-pasar-Market-Penetration-Strategy-Market-Penetration/
https://www.academia.edu/8301760/tugas_manajemen_pemasaran_nilai_yang_terkandung_pada_coklat_cadbury
Tidak ada komentar:
Posting Komentar