Jumat, 11 Januari 2019

perbandingan coklat silverqueen dan cadbury


Sejarah coklat cadbury

John Cadbury adalah pendiri sebuah perusahaan cokelat di Birmingham, Inggris. Ia memulai usahanya dengan menjual teh di Leeds. Tahun 1824 ia kembali ke Birmingham, membuka toko yang menjual kopi, teh, minuman cokelat dan kokoa. 

Cadbury World Birmingham dibuka pertama kali pada tahun 1990. Merupakan salah satu tempat atraksi dalam gedung di Inggris. Terletak di jantungg wilayah West Midlands, 4 mil arah selatan Birmingham, di Linden Road, Bournville. Sebuah kota yang penting dalam sejarah Revolusi Industri di Inggris.

Sejarah coklat silverqueen

Silverqueen adalah salah satu merek cokelat terkenal di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1950, Perusahaan ini beroperasi dibawah naungan PT Petra Food yang juga mengelola Ceres dan Delfi. Perusahaan ini bermarkas di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

PERBEDAAN  Segmenting,Targeting,Positioning COKLAT SILVERQUEEN DAN CADBURY

1.         Coklat silverqueen

Segmenting 
Produk Silver Queen memilih segmen pasar menengah.Meskipun dengan harga yang terjangkau dibandingkan produk coklat batangan import, namun kualitas tetap memberikan yang terbaik. Selain itu pendistribusian/ penyaluran yang dapat dikatakan menjangkau seluruh daerah, sehingga produk inidapat diperoleh dengan mudah oleh konsumen.
Targeting 
Target pasar dari silver queen adalah remaja, karena kalangan remaja suka mengkonsumsi coklat. Hal tersebut dapat dilihat dari konsistensi pengiklanan yang selalu menggunakan model remaja. Dan dari slogan, Silver Queen menargetkan sebagai produk coklat yang bertema “santai” atau sebagai makanan ketika sedang bersantai.
 Positioning 
Produk Silver Queen merupakan pesaing (challenger )bagi produsen produk coklat yang lain yang ada di pasar. Meskipun dengan hargaterjangkau, produk ini mampu bertahan dan bersaing di pasar dalam negerikhususnya karena keunggulan kualitas produk dan konsistensi cita rasa yang yangtelah diterima baik oleh pecinta coklat di Indonesia

2.          Coklat cadbury

Segmentasi
segmentasi coklat Cadbury diary milk berorientasi kepada semua kalangan baik pria maupun wanita dari tua smpai muda.

Targeting
berorientasi kepada anak-anak, remaja, dan dewasa baik pria maupun wanita.

Positioning
coklat Cadbury diary milk sudah sangat baik di mata masyarakat. Banyak orang suka coklat Cadbury diary milk dan banyak orang mengenal coklat Cadbury diary milk ini. Pernah saat ketika saya dating ke Negara lain, saya menemukan coklat Cadbury diary milk disana. Hal ini terlihat jelas bahwa pemasaran coklat Cadbury diary milk sudah hampir meliputi seluruh dunia. Jadi semakin jelas bagaimana poduk coklat Cadbury diary milk ini. Tidak hanya orang Indonesia yang suka coklat Cadbury ini tapi juga orang di luar Negara inidonesia pun menyukai coklat Cadbury diary milk.

Penetration market coklat silverqueen dan Cadbury
Silverqueen dan cadburry melakukan aktivitas pemasaran dan promosi yang intensif dan besar besaran untuk produknya
Coklat silverqueen membuat iklan yang unik seperti “santai belom lengkap tanpa coklat silverqueen“.

Market development strategy coklat silverqueen dan Cadbury
Silverqueen dan Cadbury telah memasarkan produknya diseluruh wilayah Indonesia dan telah menembus pasar global.
Product development strategy coklat silverqueen dan Cadbury
Produk coklat silverqueen telah memiliki varian rasa yang terus melakukan inovasi
Produk coklat Cadbury memiliki varian rasa yang beragam tetapi tetap mempertahan cita rasa coklat yang lembut.

1.Perbandingan Produk

kriteria
Silverqueen
Cadbury
Varian produk
Memiliki 9 variasi produk (SilverQueen Classic,Chunky Bar,Crispy ,Bites,Caramel ,Cashew Crunch,Rocker, Montes, O‟Nuts)
Memiliki 6 variasi produk (Cadbury Dairy Milk, Zip, Zuppernut, Candy, Choclair,Assortment )
Kadungan susu
Menggunakan susu tapi tidak bayak 
Memiliki kandungan susu yang banyak sehingga coklat lebih lembut
Packaging bervariasi
Peckaging berbentuk kardus dan kemasan plastik
Packaging berbentuk kardus kaleng,dan kemasan plastik






2. Perbandingan Harga 

Produk
Ukuran
Harga (Rp)
SilverQueen Classic
5 x 68 gram
49.490
33 gram
6.000
68 gram
10.000
SilverQueen Chunky Bar
15gram
2.690
39 gram
5.600
100 gram
15.000
SilverQueen Crispy
60 gram
10.000
SilverQueen Bites
45  gram
5.800
150 gram
35.190
SilverQueen Caramel
30 gram
3.790
54 gram
9.800
SilverQueen Cashew Crunch
35 gram
5,500
SilverQueen Rocker
-
3.800
SilverQueen Montes
55 gram
11.000
SilverQueen  O‟Nuts
88 gram
32.390




Produk
Ukuran
Harga (Rp)
Cadbury Dairy Milk
40 gram
6990- 8.390
75 gram
13.500
100 gram
11.490-13.790
175 gram
24.990
Cadbury Zip
19 gram
2.490
Cadbury Zuppernut
19 gram
6.490
Cadbury Candy
49 gram
6.490
Cadbury Choclair
200 gram
26.690
190 gram
26.690
Cadbury Assortment
130 gram
29.990

3. Perbandingan tempat 
Produk silverqueen
Seluruh produk SilverQueen didistribusikan oleh PT. Nirwana Lestari dengan  skala nasional dan dapat ditemukan pada: 
a)         Pasar Tradisional 
Kios-kios kecil di tempat umum, warung-warung pada daerah perumahan, pasar-pasar tradisional, serta kedai-kedai rokok. 
b)        Pasar Modern 
Indomaret, Alfamart, Circle K, 7-Eleven, dan sebagainya. 
c)         Retailer
Giant, Carrefour, Hypermart, Lottemart dan sebagainya. 

Produk Cadbury
a)        Kios-kios kecil di tempat umum, warung-warung pada daerah perumahan, pasar-pasar tradisional. 
b)     Pasar Modern 
Indomaret, Alfamart, Circle K, 7-Eleven, dan sebagainya. 
c)      Retailer
Giant, Carrefour, Hypermart, Lottemart dan sebagainya.

4. Perbandingan Cara Promotion
Produk silverqueen
Promosi yang dilakukan SilverQueen antara lain: 
a)      Advertising
TVC, In-store Standing Banner, In-store Product Display, Brand Activation, dan lain-lain. 
b)      Event
Talkshow Interaktif SilverQueen di Kidzania (2011) 
c)      Sales Promotion
·             SilverQueen Bike To Santai (2011) 
·             SilverQueen Funtastic Lucky Draw (2011) 


d)     Sponsorship
Kidzania; Pabrik Cokelat SilverQueen 
sebuah pusat rekreasi berkonsep edutainment yang unik bagi anak-anak usia 4-16 tahun serta orang tua nya. Kidzania dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling kota. Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi (Kidzania.co.id). Di establishment ini anak-anak akan mengikuti pelatihan sebagai pekerja pabrik cokelat, membuat cokelat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang disponsori oleh SilverQueen (Ceres). 

Produk Cadbury
a)      Advertising
TVC, In-store Standing Banner, In-store Product Display, Brand Activation, dan lain-lain. 
b)      Interactive Marketing
 Cadbury Especially for You (2011) 
Cadbury Hepi Mode On (2011)
c)      Online Marketing
Cadbury secara aktif melangsungkan promosinya pada dunia online, yaitu melalui akun Twitter dan Facebook. Cadbury menyelenggarakan kuis-kuis kecil harian bagi follower akun Twitter-nya. Kuis-kuis tersebut berhadiah paket-paket cokelat Cadbury. 

5. Target market
target market coklat silverqueen dan Cadbury memiliki target market yang sama jika di lihat dari beberapa aspek seperti dibawah ini:

Demografis 
·            Pria dan Wanita 
·            Usia 15-24 tahun 
·             SES A-B-C 
      
      Geografis 
·         Penduduk daerah urban-suburban; perkotaan 
      
      Psikografis 
·         Berjiwa muda 
Target market yang disasar oleh SilverQueen dan Cadbury adalah orang-orang berjiwa muda yang energik dan fun. SilverQueen juga dapat dilihat mulai melebarkan target market-nya kepada kelompok usia lebih muda dengan menggandeng Kidzania dan mendirikan establishment. 
Memiliki banyak aktivitas 
Target market SilverQueen dan Cadbury adalah orang-orang yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya. Meskipun mobilisasi tinggi dan jadwal padat, mereka tidak lupa meluangkan waktu untuk ber-‟santai‟ dengan cara mereka masing-masing. "santai‟ bagi mereka tidak berarti pasif, melainkan aktif; melakukan aktivitas yang mereka gemari. 
·         Menikmati hidup 
Target market SilverQueen dan Cadbury  menyadari pentingnya menikmati hidup. Hal-hal inilah yang membedakan cara mereka untuk mendefinisikan santai‟. Meskipun disibukkan oleh banyak aktivitas, mereka tetap melakukan hal-hal yang mereka sukai untuk bersenang-senang dan bersantai. 




s   Sumber :

http://bieancaprisca1811.blogspot.com/2012/06/coklat-cadbury-diary-milk.html
https://www.coursehero.com/file/p3bvve64/Contoh-strategi-penetrasi-pasar-Market-Penetration-Strategy-Market-Penetration/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONSEP BASIS DATA

Perbedaan sistem file tradisional & sistem file basis data 1. Sistem File Tradisional Record-record yang disimpan dalam file dan...