Abstrak
Tujuan : Tujuan dibuatnya artikel ini untuk mengetahui bagaimana perbandingan coklat silverqueen dan cadburry.
Teknik : Menggunakan teknik analisis langsung pada web-web coklat silverqueen dan cadbury
Sumber data : Data diambil dari web resmi coklat silverqueen dan cadburry.
Metode Ulasan : Metode yang saya pakai dalam menganalisis artikel ini adalah Traditional Review. Saya menggunakan referensi-referensi yang diambil dari web yang berhubungan dengan coklat silverqueen dan cadbury.
Hasil : dari hasil analisis data produk coklat silverqueen lebih banyak mememiliki variansi produk dibandingkan coklat cadbury, dari segi harga coklat silverqueen lebih mahal di bandingkan dengan coklat cadbury, Sedangkan dari segi target pasar coklat silverqueen memiliki target pasar yang sama dengan coklat cadbury.
Kesimpulan :produk coklat silverqueen adalah produk coklat dari indonesia yang dapat menguasai pangsa pasar lebih besar dibandingkan dengan coklat buatan luar negri seperti cadbury.
Pada saat ini masyarakat Indonesia sudah mempunyai kebutuhan yang cukup kompleks. Banyak sekali kebutuhan-kebutuhan yang harus di penuhi setiap harinya, hal tersebut membuat setiap individu menjadi lebih sibuk lagi dan lebih memilih ke hal yang lebih praktis. Hal yang sangat praktis yang sering kita jumpai yaitu dalam makanan, karena keterbatasan waktu yang sempit setiap individu lebih memilih makanan yang praktis dan mudah di bawa kemana-mana. Makanan ringanlah yang sering di pilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya ketika ia tidak sempat makan nasi ataupun ketika ia sedang bersantai. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak makanan ringan yang di jajakan di berbagai tempat, mulai dari tempat yang ekonomis sampai yang eksklusif, dari harga yang murah sampai yang mahal sering sekali kita jumpai di pinggiran pasar ataupun di pusat perbelanjaan modern. Salah satu dari seluruh makanan ringan yang sangat di sukai masyarakat karena praktis, rasanya enak dan juga banyak manfaat yaitu coklat. Coklat ini juga salah satu makanan yang tidak termakan olehzaman sejak dahulu hingga memasuki zaman yang modern seperti saat ini.
Banyak merek-merek coklat yang beredar di Indonesia, baik dari dalam maupun luar negeri. Yang kita ketahui merek coklat yang berasal dari dalam negeri yaitu SilverQueen. SilverQueen sendiri adalah hasil produk dalam negeri yang notabene di sukai oleh masyarakat Indonesia. Selain itu ada juga produk luar negeri yang sering kita jumpai di Indonesia, antara lain; Cadburry, Delfi, Toblerone, Kit-kat, M&M, dan sebagainya.
Merek-merek coklat tersebut yang mempunyai peran penting di dalam minat konsumen untuk membeli produknya. Menurut UU Merek No. 15 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1 merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa bentuk, suara, hologram, dan bahkan aroma juga dimasukkan dalam lingkup definisi merek. Merek coklat lokal yang di miliki oleh Indonesia tidak kalah bersaing dengan merek luar lainnya. Walaupun pangsa pasar coklat di luar negeri cukup banyak sekali dan banyak yang cukup terkenal tetapi merek lokal ini menjadi merek terbaik nomer satu di Indonesia yaitu SilverQueen. Merek SilverQueen ini salah satu merek lokal yang mampu menyaingi merek-merek coklat yang berasal dari luar negeri.
SEJARAH COKLAT SILVERQUEEN
Silverqueen adalah salah satu merek cokelat terkenal di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1950, Perusahaan ini beroperasi dibawah naungan PT Petra Food yang juga mengelola Ceres dan Delfi. Perusahaan ini bermarkas di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
SEJARAH COKLAT CADBURY
John Cadbury adalah pendiri sebuah perusahaan cokelat di Birmingham, Inggris. Ia memulai usahanya dengan menjual teh di Leeds. Tahun 1824 ia kembali ke Birmingham, membuka toko yang menjual kopi, teh, minuman cokelat dan kokoa.
Cadbury World Birmingham dibuka pertama kali pada tahun 1990. Merupakan salah satu tempat atraksi dalam gedung di Inggris. Terletak di jantungg wilayah West Midlands, 4 mil arah selatan Birmingham, di Linden Road, Bournville. Sebuah kota yang penting dalam sejarah Revolusi Industri di Inggris.
PERBANDINGAN PRODUK COKLAT SILVERQUEEN & CADBURY
Ø Segmenting
Produk Silver Queen memilih segmen pasar menengah.Meskipun dengan harga yang terjangkau dibandingkan produk coklat batangan import, namun kualitas tetap memberikan yang terbaik. Selain itu pendistribusian/ penyaluran yang dapat dikatakan menjangkau seluruh daerah, sehingga produk inidapat diperoleh dengan mudah oleh konsumen.
Ø Targeting
Target pasar dari silver queen adalah remaja, karena kalangan remaja suka mengkonsumsi coklat. Hal tersebut dapat dilihat dari konsistensi pengiklanan yang selalu menggunakan model remaja. Dan dari slogan, Silver Queen menargetkan sebagai produk coklat yang bertema “santai” atau sebagai makanan ketika sedang bersantai.
Ø Positioning
Produk Silver Queen merupakan pesaing (challenger) bagi produsen produk coklat yang lain yang ada di pasar. Meskipun dengan harga terjangkau, produk ini mampu bertahan dan bersaing di pasar dalam negeri khususnya karena keunggulan kualitas produk dan konsistensi cita rasa yang yang telah diterima baik oleh pecinta coklat di Indonesia
2. Coklat cadbury
Ø Segmentasi
segmentasi coklat Cadbury diary milk berorientasi kepada semua kalangan baik pria maupun wanita dari tua smpai muda.
Ø Targeting
berorientasi kepada anak-anak, remaja, dan dewasa baik pria maupun wanita.
Ø Positioning
coklat Cadbury diary milk sudah sangat baik di mata masyarakat. Banyak orang suka coklat Cadbury diary milk dan banyak orang mengenal coklat Cadbury diary milk ini. Pernah saat ketika saya dating ke Negara lain, saya menemukan coklat Cadbury diary milk disana. Hal ini terlihat jelas bahwa pemasaran coklat Cadbury diary milk sudah hampir meliputi seluruh dunia. Jadi semakin jelas bagaimana poduk coklat Cadbury diary milk ini. Tidak hanya orang Indonesia yang suka coklat Cadbury ini tapi juga orang di luar Negara inidonesia pun menyukai coklat Cadbury diary milk.
3. Penetration market coklat silverqueen dan Cadbury
Silverqueen dan cadburry melakukan aktivitas pemasaran dan promosi yang intensif dan besar besaran untuk produknya.Coklat silverqueen membuat iklan yang unik seperti “santai belom lengkap tanpa coklat silverqueen“.
4. Market development strategy coklat silverqueen dan Cadbury
Silverqueen dan Cadbury telah memasarkan produknya diseluruh wilayah Indonesia dan telah menembus pasar global.
5. Product development strategy coklat silverqueen dan Cadbury
Produk coklat silverqueen telah memiliki varian rasa yang terus melakukan inovasi
Produk coklat Cadbury memiliki varian rasa yang beragam tetapi tetap mempertahan cita rasa coklat yang lembut.
6. Perbandingan Produk
kriteria
|
Silverqueen
|
Cadbury
|
Varian produk
|
Memiliki 9 variasi produk (SilverQueen Classic,Chunky Bar,Crispy ,Bites,Caramel ,Cashew Crunch,Rocker, Montes, O‟Nuts)
|
Memiliki 6 variasi produk (Cadbury Dairy Milk, Zip, Zuppernut, Candy, Choclair,Assortment )
|
Kadungan susu
|
Menggunakan susu tapi tidak bayak
|
Memiliki kandungan susu yang banyak sehingga coklat lebih lembut
|
Packaging bervariasi
|
Peckaging berbentuk kardus dan kemasan plastik
|
Packaging berbentuk kardus kaleng,dan kemasan plastik
|
7. Perbandingan Harga
Produk
|
Ukuran
|
Harga (Rp)
|
SilverQueen Classic
|
5 x 68 gram
|
49.490
|
33 gram
|
6.000
| |
68 gram
|
10.000
| |
SilverQueen Chunky Bar
|
15gram
|
2.690
|
39 gram
|
5.600
| |
100 gram
|
15.000
| |
SilverQueen Crispy
|
60 gram
|
10.000
|
SilverQueen Bites
|
45 gram
|
5.800
|
150 gram
|
35.190
| |
SilverQueen Caramel
|
30 gram
|
3.790
|
54 gram
|
9.800
| |
SilverQueen Cashew Crunch
|
35 gram
|
5,500
|
SilverQueen Rocker
|
-
|
3.800
|
SilverQueen Montes
|
55 gram
|
11.000
|
SilverQueen O‟Nuts
|
88 gram
|
32.390
|
Produk
|
Ukuran
|
Harga (Rp)
|
Cadbury Dairy Milk
|
40 gram
|
6990- 8.390
|
75 gram
|
13.500
| |
100 gram
|
11.490-13.790
| |
175 gram
|
24.990
| |
Cadbury Zip
|
19 gram
|
2.490
|
Cadbury Zuppernut
|
19 gram
|
6.490
|
Cadbury Candy
|
49 gram
|
6.490
|
Cadbury Choclair
|
200 gram
|
26.690
|
190 gram
|
26.690
| |
Cadbury Assortment
|
130 gram
|
29.990
|
8. Target market
target market coklat silverqueen dan Cadbury memiliki target market yang sama jika di lihat dari beberapa aspek seperti dibawah ini:
Ø Demografis
· Pria dan Wanita
· Usia 15-24 tahun
· SES A-B-C
Ø Geografis
· Penduduk daerah urban-suburban; perkotaan
Ø Psikografis
· Berjiwa muda
Target market yang disasar oleh SilverQueen dan Cadbury adalah orang-orang berjiwa muda yang energik dan fun. SilverQueen juga dapat dilihat mulai melebarkan target market-nya kepada kelompok usia lebih muda dengan menggandeng Kidzania dan mendirikan establishment.
Ø Memiliki banyak aktivitas
Target market SilverQueen dan Cadbury adalah orang-orang yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya. Meskipun mobilisasi tinggi dan jadwal padat, mereka tidak lupa meluangkan waktu untuk ber-‟santai‟dengan cara mereka masing-masing. "santai‟bagi mereka tidak berarti pasif, melainkan aktif; melakukan aktivitas yang mereka gemari.
Ø Menikmati hidup
Target market SilverQueen dan Cadbury menyadari pentingnya menikmati hidup. Hal-hal inilah yang membedakan cara mereka untuk mendefinisikan santai‟. Meskipun disibukkan oleh banyak aktivitas, mereka tetap melakukan hal-hal yang mereka sukai untuk bersenang-senang dan bersantai.
Referensi :
Pratama, kevin andhika.2014. Jurnal Pengaruh Kualitas yang Dirasa, Kesadaran Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Penikmat Coklat. Surabaya.
http://alvincitraa.blogspot.com.Produk go internasional, diakses 14 novermber 2014.
http://reginaoliviafirst.blogspot.com.About silver queen, diakses 09 november 2014.
Devi, Resmha Andhika.2017.bisnis internasional PT. petra food. Skripsi.denpasar
coy bagi mentahan nya dong
BalasHapus